Senin, 11 Agustus 2014

Cara mengatasi kulit wajah yang kering

Cara mengatasi kulit wajah yang kering - Ada beberapa kondisi kulit yang terlihat sepele tapi bisa sangat mengganggu, salah satunya kulit kering.

Dikatakan dr Eddy Karta SpKK, kulit kering yang umumnya dialami orang-orang berusia muda selain disebabkan karena faktor genetik juga bis aterjadi karena sering terkena angin dan mandi dengan air terlalu panas.
Cara mengatasi kulit wajah yang kering
Cara mengatasi kulit wajah yang kering
"Untuk itu pemakaian pelembab diwajibkan. Pagi dan siang hari menggunakan tabir surya dan malam hari menggunakan pelembab," kata dr Eddy ketika berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Sabtu (2/8/2014).

Untuk jenis pelembab yang digunakan, menurut dr Eddy ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan yaitu seberapa kering kondisi kulit. Beberapa jenis pelembab yang digunakan bisa body lotion, body butter atau petroleum jelly.

"Semakin kering kulitnya, sebaiknya gunakan yang kandungan minyaknya lebih banyak,' imbuh dokter yang praktik di EDMO Clinic Jakarta Selatan ini.

Sementara itu, nutrisionis Leona Victoria Djajadi, BSc, MND mengatakan untuk mengatasi kulit kering ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan konsumsi cairan sudah mencukupi terutama bila banyak melakukan aktivitas, berada di bawah terik matahari atau ruang dingin ber-AC.

Kemudian, jangan lupa cukupi kebutuhan lemak baik yaitu lemak tak jenuh yang bisa didapat dari ikan, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan untuk menjaga elastisitas kulit. Lalu, cukupi kebutuhan vitamin C dan E yang banyak terdapat di buah-buahan juga sayur-sayuran.

"Ada baiknya menggunakan body lotion yang natural setelah mandi sementara memperbaiki dietnya. Juga bisa ditambah dengan suplemen omega 3 dan vitamin C atau E untuk solusi jangka pendek," terang wanita yang meraih gelar Master of Nutrition and Dietetics dari University of Sydney ini. Baca juga cara efektif menghilangkan jerawat.